Skip to content

Kentang, Alternatif Baru

by pada 28 November 2012
Kandungan gizi kentang (jurug.blogspot.com)

Kandungan gizi kentang (jurug.blogspot.com)

Oleh Azuwit Tri Yanti Gani

Apakah Anda sering melewatkan waktu makan Anda? Atau Anda memiliki pola tidur yang tidak teratur dan merasa stres? Hati-hati, kebiasaan seperti itu dapat menyebabkan penyakit maag atau radang lambung pada tubuh Anda. Akhirnya, Anda akan merasakan gejala mual, muntah, perut kembung dan perih, serta sering bersendawa.

Maag atau radang lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung, karena terjadi luka atau peradangan pada lambung. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit, mulas, dan perih pada perut. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir, karena para ilmuwan dari Manchester Unversity baru saja menemukan sebuah fakta baru yang dapat membantu penyembuhannya,

Jika Anda terbiasa meminum obat –seperti, Antasida atau Pompa Proton– untuk mengatasi penyakit maag, mungkin perlahan dapat dihindari. Belum lama ini para ilmuwan di Manchester menemukan alternatif baru, terkait fakta ditemukannya molekul dalam kentang yang dapat bantu mengatasi. Molekul yang disebut “jus kentang” ini tak akan menimbulkan perlawanan bakteri dalam perut, seperti antibiotik. Bahkan, molekul ini juga tidak menimbulkan efek samping.

Profesor Mikrobiologi dari Faculty of Life Sciences, Ian Roberts, yang turut serta dalam penemuan tersebut mengatakan, salah satu ilmuwan departemen tersebut mendengar kerabatnya terbiasa menggunakan kentang untuk menangani sakit maag. Hal ini menjadi awal penemuan molekul pencegah bakteri yang hidup di dalam perut.

Para ilmuwan kemudian melakukan percobaan terhadap beberapa jenis kentang. Dari percobaan tersebut mereka menyimpulkan, kentang jenis Maris Piper dan King Edward dari Inggris merupakan varietas yang bekerja sangat baik. Kini proses ekstraksi molekul yang belum diberi nama tersebut, sedang dalam proses mendapatkan hak paten. Selain itu para ilmuwan juga berharap, molekul tersebut dapat diproduksi secara massal sebagai suplemen harian menyerupai probiotik dan yogurt.

Akan tetapi, jauh lebih baik, jika Anda mencegah timbulnya penyakit ini dengan memiliki pola makan dan tidur teratur. Juga makan secukupnya, mencuci tangan sebelum makan, tidak mengonsumsi makanan sembarangan. Karena, memang, penyakit maag tidak dapat disembuhkan secara total.

One Comment
  1. azhmyfm permalink

    Azuwit, sebagai pemberitahuan tentang penemuan terbaru, tulisanmu cukup informatif. Karena selama ini, masyarakat hanya menggunakan kentang sebagai pengganti makanan pokok, belum memanfaatkannya sebagai obat maupun suplemen yang dapat mengurangi derita pasien penyakit maag (tukak lambung).

    Sayangnya, sebagaimana beberapa teman lainnya, kamu masih belum teliti dan cermat pada ketentuan EYD, pengulangan kata dan kurangnya referensi yang akan memperdalam pembahasan. Andai lebih lengkap, tentu akan lebih besar manfaatnya bagi masyarakat pembaca.

    Apapun, teruslah berlatih membuat Karya Jurnalistik.. Karena, sungguh, beberapa dosen memuji untuk kemampuanmu menulis fiksi.. Selamat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: