Skip to content

Atasi Insomnia dengan Hypnosleep

by pada 29 November 2012
insomnia2

Memanjat doa dan menghitung domba pun dilakukan, tetap saja mata terbuka enggan terpejam..(myzeo.com)

Oleh Btari Puspita Rini

Tik-tok-tik-tok. Jarum jam terus berputar dan sudah lewat tengah malam, namun mata enggan terpejam. Memanjat doa hingga menghitung domba pun sudah dilakukan. Lagi-lagi, mata enggan terpejam. Bahkan, kedua mata semakin terbelalak ketika melihat jam menunjukkan tiba saatnya bangun tidur dan memulai aktivitas baru. Insomnia merupakan momok bagi penderitanya, karena sangat mengganggu aktivitas.

Benar, insomnia sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, diperlukan proses penyembuhan agar penderita bisa menikmati tidur dalam waktu yang tepat, sehingga dapat melakukan aktivitas dengan normal. Ada beberapa cara mengatasi insomnia, salah satunya melakukan hypnosleep.

Insomnia adalah gejala kelainan berupa kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur, walaupun ada kesempatan. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun tidur. Ini bukanlah penyakit, melainkan gejala yang memiliki berbagai penyebab. Seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan akibat pemakaian obat-obatan. Banyak penderita yang sudah merasa tergantung terhadap obat tidur, karenanya muncul metode hypnosleep.untuk mengatasi yang mungkin perlu dicoba.

Secara bahasa, hypnosleep berasal dari kata hypno yang berarti hipnotis dan sleep yaitu tidur. Dengan bergitu secara keseluruhan bermakna, kondisi hipnotis yang dihasilkan dari kondisi tidur normal. Pada dasarnya, hypnosleep adalah varian atau bentuk khusus dari teknik hypnotherapy. Sebagai proses penyembuhan dengan hipnotis atau mempengaruhi pasien, terapi ini dilakukan agar terlepas dari jeratan penyakit yang diderita.

Untuk itu, diperlukan orang yang dipercaya dalam memberikan pengaruh ketika subyek tertidur. Setelah subyek yang ingin diterapi tertidur, langkah awal melakukan hypnosleep adalah membuat sugesti. Keyakinan yang berhasil dipengaruhi ini penting, agar subyek dapat tergerak hatinya demi membebaskan diri dari insomnia.

Berikut langkah-langkah melakukan hypnosleep:

  1. Buat konsep kalimat sugesti yang akan disampaikan secara tertulis, agar lebih terencana. Kalimat hendaknya sederhana, singkat dan jelas. Perhatikan pemakaian kata yang tepat, sampaikanlah dengan kalimat positif.
  2. Perhatikan jumlah tarikan napas subyek, pastikan terdapat 6 hingga 8 tarikan napas per menit. Hitungan ini untuk menjamin subyek tertidur pulas.
  3. Dekati subyek secara lembut saat memengaruhi pikiran bawah sadarnya. Gerakkan tubuh subyek dengan memegang samping kepala, goyangkan sedikit ke kiri dan kanan. Lantas ucapkan kalimat berikut dengan tegas disertai nada suara rendah dan datar,“Ini ….. (nama Anda) yang bicara. Kamu bisa dengar saya/mama/papa, namun tetaplah pejamkan mata! Kamu bisa dengar ….. (nama Anda), namun tetaplah pejamkan mata! Kamu bisa dengar ….. (nama Anda), namun tetaplah pejamkan mata!
  4. Jika subyek tertidur sangat lelap, kalimat di atas mungkin perlu diulangi beberapa kali. Pengulangan ini perlu dikakukan, supaya mampu menembus pikiran alam bawah sadarnya. Kemudian lanjutkan, “Jika kamu mendengar saya, gerakkan jari telunjuk yang saya sentuh. Jika kamu mendengar saya, gerakkan jari telunjuk yang saya sentuh. Kamu bisa dengar ….. (nama Anda), namun tetaplah pejamkan mata!”
  5. Setelah itu bacakan ulang 3 atau 4 kali sugesti yang telah Anda susun tadi, untuk memastikan subyek telah sampai ke alam bawah sadarnya.
  6. Lalu tutup dengan kalimat berikut “Kalau saya berhenti bicara, kamu akan kembali tidur nyenyak seperti tadi. Kamu tidak akan mengingat yang baru saya sampaikan, tapi kamu merasakan perubahan dalam dirimu saat bangun esok pagi dengan segar. Sekarang, tidurlah kembali dengan nyenyak!”
  7. Saat mengucapkan sugesti hendaknya dengan keyakinan, semua yang diucapkan diterima dan dimengerti subjek.
  8. Keesokan hari dan seterusnya, berlakulah bagai telah terjadi perubahan. Jika belum melihat perubahan secara nyata, janganlah gusar dan berpikiran negatif. Biarkan proses perubahan terjadi di dalam pikiran subyek terlebih dahulu. Bila perlu, ulangi hypnosleep pada malam-malam berikutnya dengan kata-kata yang sama.
  9. Sugesti akan lebih cepat terbentuk, bila diiringi pembentukan lingkungan yang baik. Buatlah lingkungan yang nyaman bagi subyek.
  10. Bila subyek mulai menunjukkan perubahan, hindari penggunaan kata-kata, “Kok tumben ya sekarang, nggak sulit tidur lagi?” Tetapi berikan semangat dengan kalimat, “Hebat, sekarang sudah bisa tidur dan bangun tepat waktu. Besok lakukan lagi, ya!

Langkah-langkah di atas dapat dilakukan secara rutin, sehingga subyek terbebas dari insomnia. Lakukan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan, demi mencapai hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

One Comment
  1. azhmyfm permalink

    Waduh Btari, kita diajak jadi terapis nih? Tapi sungguh, ternyata tak sulit ya menghipnotis.. Berkat penulisanmu yang to the point, ringkas dan tak bertele-tele, saya yakin banyak pengidap insomnia mau belajar. Ini menjadi salah satu kunci untuk membuat tulisan menarik, juga pemilihan tema yang diperlukan banyak orang, penulisan yang lugas dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami.

    Namun untuk semua itu, memang diperlukan kecermatan dalam menyusun tulisan. Pengulangan sebagian kata pada kalimat berikutnya, cenderung menjadikan tulisan membosankan. Begitu pula pengulangan pokok pikiran pada alinea berikutnya. Karenanya biasakan membaca ulang tulisan setelah gagasan dituangkan, lebih baik bila mampu memosisikan diri bukan sebagai penulis, tetap sebagai pembaca yang kritis..

    Selamat, kamu telah berhasil membuat tulisan yang enak dibaca.. Tetapi tetap dan terus berlatih, ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: