Skip to content

Selulit, si Kulit Jeruk yang Bandel

by pada 30 November 2012

Akibat pengaruh jaringan lemak di bawah kulit yang mendesak jaringan ikat, permukaan kulit terlihat seperti tekstur kulit jeruk. (alabik.com)

Oleh Niken Ari Setyowati

Apakah benar menggaruk paha saat menstruasi, dapat mengakibatkan munculnya selulit? Apakah itu penyakit? Kok, bentuknya aneh, ya? Apakah dengan minum air putih yang banyak, bisa menghilangkan penampilannya? Sebenarnya, selulit apa, sih?

Banyak pertanyaan bermunculan mengenai selulit. Mitos dan faktanya juga banyak beredar. Sebelum Anda terlanjur salah kaprah atau termakan mitos, yuk kita baca penjabaran dan cara menghilangkannya di bawah ini.

Selulit adalah kondisi permukaan kulit yang tidak rata, karena memperlihatkan lemak di bawahnya. Selain dikenal sebagai sindrom kulit jeruk, dalam bahasa medis disebut juga dengan beberapa istilah. Antara lain, adiposis edematosa, dermopanniculosis deformans, status protrusus cutis dan gynoid lipodystrophy.

Akibat pengaruh jaringan lemak di bawah kulit yang mendesak jaringan ikat, permukaan kulit terlihat seperti tekstur kulit jeruk. Umumnya terdapat pada kulit bagian perut, payudara, pinggul, dan paha. Selulit bukan merupakan penyakit, karena terjadi pada wanita tanpa mengenal batasan umur dan ukuran tubuh. Bahkan, pada wanita yang langsing sekali pun.

Berdasarkan studi diketahui munculnya selulit dipengaruhi beberapa faktor,yakni:

–       Faktor Hormonal

Salah satunya disebabkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini dapat terjadi akibat terlalu banyak atau kurangnya produksi hormon tertentu, maupun karena kerja hormon yang tidak efektif. Antara lain hormon insulin, nonadrenalin, tiroid dan protaktin, yang berperan terhadap pembentukan jaringan lemak tubuh.

–       Makanan

Orang yang terlalu banyak asupan lemak, karbohidrat atau garam dan kurang mengonsumsi serat, memiliki kecenderungan munculnya lebih banyak selulit.

–       Faktor Pola Hidup

Selulit juga cenderung lebih banyak dialami perokok dan mereka yang tidak berolahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik.

–       Pakaian

Pakaian yang terlalu ketat –terutama pada bagian pantat dan paha– dapat menghambat aliran darah, sehingga berperan terhadap timbulnya selulit.

Mitos Seputar Selulit

Banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat mengenai selulit. Mulai dari mitos menggaruk paha saat menstruasi sebagai penyebab, hingga banyak minum air putih yang dapat menghilangkan selulit. Boleh dipercaya, boleh juga tidak. Namun, inilah faktanya.

No. MITOS FAKTA
1. Banyak minum air putih dapat menghilangkan selulit. Air putih hanya memberikan kelembaban dan menyehatkan kulit, bukan menghilangkan selulit.
2. Olah raga akan menghilangkan selulit. Hal ini tidak benar, karena berolahraga hanya bantu mencegah terjadinya selulit. Resiko munculnya selulit akan lebih rendah, karena lemak tubuh terbakar. Otot yang terbentuk setelah berolahraga, mengakibatkan lemak tidak dapat tertimbun di bawah kulit.
3. Liposuction atau sedot lemak dapat menghilangkan selulit. Liposuction hanya akan mengurangi lemak pada bagian tubuh tertentu saja. Metode ini hanya akan memperparah kondisi selulit, karena akan menyebabkan selulit semakin jelas terlihat.
4. Diet sehat akan mencegah selulit. Mengatur porsi dan jenis makanan memang sangat baik, tetapi tidak mencegah pembentukan selulit. Makanan yang sehat dapat menurunkan risiko pembentukan selulit. Makanan yang rendah kandungan lemak dan berserat tinggi serta mengandung karbohidrat lengkap, akan lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Sisa makanan yang tidak terpakai oleh metabolisme, langsung dibuang. Dengan begitu, tidak banyak lemak yang tersimpan sebagai cadangan makanan dan tidak menimbulkan selulit.
5. Selulit hanya ada pada kaum perempuan saja. Lelaki pun bisa memiliki selulit. Tetapi jarang sekali yang mempermasalahkan.
6. Massage atau pijat akan membantu mencegah pembentukan selulit. Massage mampu menstimulus tubuh akan melancarkan sirkulasi getah bening dan menghancurkan jaringan lemak di bawah kulit. Lakukan pemijatan yang dilakukan dengan sikat atau sarung tangan (Skin brushing massage),  mulai dari telapak kaki, lalu naik ke tubuh bagian atas. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari sebelum mandi, untuk membantu kurangi pembentukan selulit.
7. Menggaruk paha atau bokong saat menstruasi dapat mengakibatkan selulit. Jelas ini hanya mitos, karena tidak ada hubungannya antara menggaruk bagian tubuh saat menstruasi dengan selulit.

Menghilangkan Selulit

Saat ini banyak produk yang menawarkan anti-selulit, bahkan mengiming-imingi dapat menghilangkan selulit dalam waktu singkat. Tergiur? Sudah pasti. Berikut kami pilihkan beberapa tips untuk memilih produk anti-selulit.

–       Krim

Krim anti-selulit yang beredar di pasaran tak terhitung jumlahnya. Hampir semua menawarkan khasiat yang sama: mengurangi, bahkan menghilangkan selulit secara instan. Benarkah krim ini bekerja? Beberapa ahli berpendapat, selulit tidak mungkin diatasi hanya dengan pengobatan topikal (dioleskan pada permukaan kulit). Namun, banyak juga ahli yang menganjurkan pasiennya, karena pada sebagian orang krim dapat bekerja optimal mengurangi selulit. Ingin coba?

Pilih krim yang mengandung kafein (theophylline). Beberapa penelitian menunjukan, kedua kandungan ini dapat meresap ke dalam kulit dan melarutkan sel-sel lemak. Gunakan krim sesuai petunjuk pemakaian. Penggunaan yang berlebihanm sama sekali tidak dianjurkan.

–       Scrub Khusus

Scrub khusus untuk selulit terbuat dari bahan-bahan alami, dapat membantu kurangi perkembangannya, Gosokkan scrub pada daerah yang berselulit, diiringi pijatan ringan. Pijatan dapat menstimulasi kerja sistem limpatik di bawah kulit. Scrub dengan butiran halus juga dapat membuka pori-pori kulit, membantu tubuh mengeluarkan toksin.

–       Serum Herba

Serum herba yang mengandung salisylic acid dan menthol memberi efek biokimia pada kulit, sehingga dapat mengurangi selulit, mengencangkan kulit, sekaligus detoksifikasi. Kandungan asiaca dan guarana merupakan kafein sangat kuat, yang bila dioleskan pada kulit dapat menstimulasi serta meningkatkan proses detoksifikasi dan penghancuran lemak.

–       Contouring Gel

Gel yang bersifat mengencangkan serta menghaluskan kulit, sebaiknya diaplikasikan bersamaan dengan terapi pemijatan. Pilih gel dengan kandungan herba, misalnya kandungan clementis yang membantu terjadinya metabolisme pada sel lemak. Juga horsetail yang akan memproduksi elastin dan kolagen, serta comfrey yang dapat meningkatkan regenerasi sel kulit sekaligus menguatkan jaringan pengikat pada kulit.  Jangan berharap selulit akan tersamarkan dalam sepekan, karena perawatan ini memerlukan proses yang terus-menerus. Gunakan gel secara teratur selama 3-4 minggu. Untuk hasil terbaik, gunakan secara rutin dalam kurun waktu 4 bulan.

 Anda tidak suka dengan produk berbahan kimia? Kami pilihkan juga bahan-bahan alami yang dapat menghilangkan selulit pada tubuh Anda.

Siapkan 2 cangkir bubuk kopi, ½ cangkir gula atau garam laut, dan 2-3 sendok teh minyak pijat (bisa minyak zaitun atau baby oil). Lalu campurkan semua bahan dalam mangkok dan oleskan di bagian yang terdapat selulit, lakukan pijatan dengan gerakan memutar. Ulangi pemakaian dua kali seminggu selama kurun waktu 3 bulan.

Ternyata mengatasi sindrom kulit jeruk yang terjadi pada tubuh Anda, cukup mudah bukan? Atur pola makan, rajin berolah raga dan konsumsi air putih yang cukup untuk mencegah timbulnya selulit pada diri Anda. (dari berbagai sumber)

3 Komentar
  1. azhmyfm permalink

    Niken, dengan bakat menulismu yang terus diasah, terlihat tulisan ilmiah ini menjadi mudah dipahami, Bahkan tak sulit untuk dijadikan petunjuk praktis, berkat penyusunan yang kamu lakukan mengarah pada jenis feature tip.

    Hanya saja perlu diwaspadai pengulangan kata, agar tidak mubazir dan membosankan. Penjelasan yang berputar atas suatu istilah ilmiah, juga akan menjadikan tulisan tidak tegas, tidak jelas dan membingungkan pembaca. Ini memang tantangan menulis, jadi perlu selalu diatasi.

    Akhirnya harus diingat akan keterbatasan jumlah halaman yang dimiliki media pada suatu rubrik, sehingga kita tidak akan menyesal bila hasil akhir suntingan Redaktur membuang sekian panjang tulisan yang kamu buat dengan bersusah payah. Oke, jangan ragu untuk terus kirimkan naskahmu ke media..

    • terima kasih Pak atas masukannya yang sangat membangun. saya akan terus belajar untuk memperbaiki tulisan-tulisan saya berikutnya.

  2. azhmyfm permalink

    Alhamdulillah, satu lagi, tulisan ini berhasil dimuat di Radar Online pada Minggu 06 Januari 2013 pukul 17.17 WIB (lihat disini: http://www.radar.co.id/berita/pembaca/3045/2013/Selulit,-si-Kulit-Jeruk-yang-Bandel).. Ayo, siapa lagi menyusul

    Janji nilai A untuk Ujian Akhir Semester akan saya penuhi. Niken cukup datang untuk tandatangan berita ujian saja, tanpa harus mengikuti ujian. Ayo, siapa lagi menyusul?

    Semoga hal ini menjadi penyambung langkah kesuksesan bagi Niken dan semua mahasiswaku, memasuki dunia jurnalistik dalam arti sebenarnya di media massa.. Aamin ya Rabb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: