Skip to content

Kesenian Teh Ala Jepang

by pada 9 Desember 2012
(food.detik.com)

(food.detik.com)

Oleh Syamsi Risyad

Teh merupakan minuman tradisional dan menyehatkan, yang terdapat di berbagai negara di dunia. Banyak sekali gaya atau tatacara meminum teh, bedasarkan negaranya masing-masing. Selain gaya, namanyapun berbeda-beda setiap negara. Seperti yang kita ketahui, Jepang adalah suatu negara dengan teknologi yang hebat namun kental akan budayanya.

Chanoyu merupakan upacara minum teh ala Jepang, “Ada keunikan tersendiri dalam upacara minum teh ini,” ujar Dr.Diah Madubrangti dari Universitas Indonesia. Memang upaca minum teh yang berasal dari negeri “Sakura” sangatlah unik. Keunikannya bermula saat kita harus mempelajari teknik-teknik dalam mengolah teh tersebut dengan teknik khusus yang mempunyai keindahan seni.

Upacara minum teh ala jepang bukanlah hanya dituang dengan air panas dan diminum, tapi dalam upacara ini sangatlah kental keseniannya. Upacara minum teh mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah, yang mencakup tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh. Sekaligus cara meletakkan benda seni di dalam ruangan upacara minum teh (chashitsu) dan berbagai pengetahuan seni secara umum yang bergantung pada aliran upacara minum teh yang dianut.

Seni upacara minum teh ala Jepang tidak hanya dipelajari sekali seumur hidup, melainkan memerlukan pendalaman selama bertahun-tahun. Hal itu bertujuan untuk menyempurnakan tekniknya dan berlangsung seumur hidup. Selain si pembuat teh, tamu yang diundang secara formal untuk upacara minum teh juga harus mempelajari tata krama, kebiasaan, basa-basi, etiket meminum teh dan menikmati makanan kecil yang dihidangkan.

Jadi, dalam upacara minum teh ala Jepang si pembuat maupun yang meminum teh, harus mempelajari etika yang memerlukan pendalaman secara menyeluruh. Karena setiap gerakan yang dilakukan dalam upacara minum teh ala Jepang ini, banyak memiliki arti dan dapat mencerminkan kepribadian diri sendiri kepada orang lain.

From → Feature Budaya

One Comment
  1. tulisan yang singkat, namun cukup menjelaskan salah satu kebudayaan ala Jepang itu. tulisan yang sangat baik. terus ditingkatkan daya kreatifmu sam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: