Skip to content

Hero?

by pada 12 Desember 2012
gatotklaca

(roelworks.deviantart.com)

Oleh Rizkha Putri Utami

Hero adalah seeorang yang  penuh kekuatan, berotot, mempunyai ilmu dalam dan mampu menaklukan segala kejahatan di muka bumi ini. Beda halnya dengan yang satu ini, ia berkumis, agak berlemak, tidak terlalu tinggi, dan sangat bersahaja. Beliau bukan Power Ranger, Superman ataupun Gatot Kaca sekalipun, yang biasanya menjadi tokoh pahlawan bagi anak-anak kecil.

Beliau adalah seorang pekerja keras yang bertanggung jawab kepada anak dan istrinya yang dia  sayangi. Ya, dialah Ayah kesayangan yang selalu kubanggakan. Ayahku memang bukanlah seorang hero seperti yang ditayangkan televisi, namun ayahku tetap menjadi hero bagi aku, adik-adikku dan ibuku. Ayah juga tidak terlalu kuat dalam melawan segala kejahatan di muka bumi ini, tetapi beliau sangat kuat untuk menjaga kami semua.

Ayah pekerja keras dan sangat mengayomi kami semua. Sedih melihatnya, jikalau ayah sehabis pulang berkerja. Apalagi hingga larut malam, setelah sepanjang perjalanan didera angin malam yang menusuk kulit. Lelah, letih, suntuk, bahkan runyam, saatku melihat raut wajahnya yang mulai terlihat kerut-merut penuaan.

Kini ayah memang tak muda lagi, usianya telah mencapai kepala empat. Rambutnya mulai memutih, yang kian hari semakin banyak menggantikan rambut hitam. Beliau sering mengatakan, “Ayah nggak mau dicat hitam, malahan maunya dicat putih saja. Rambut putih ini, kan sudah lama ditunggu.” Hmm..

Ayah tak pernah mengeluh, beliau selalu berupaya memenuhi setiap yang kami butuhkan. Meski, entah bagaimana caranya. Ibu yang selalu tahu, bagaimana ayah berjuang untuk kami. Ya, ibulah saksi hidup pengorbanan ayah sampai detik ini.

Saat ayah tertidur dengan pulas, rasanya mata ini tak sanggup melihat raut wajahnya. Keletihan yang disembunyikan selama dirinya terjaga dan beraktivitas, jelas terpancar di wajahnya yang beranjak tua termakan usia. Banyak yang tidak menyadari, begitu berarti keberadaan ayah bagi kita setelah ibu. Seorang ayah mempunyai peran sangat penting dalam kehidupan kita, sama pentingnya dengan kehadiran ibu. Ya, memang begitu seharusnya.

Ayah adalah pahlawanku, sejak masih di kandungan ibu hingga saat ini..

One Comment
  1. azhmyfm permalink

    Rizkha, cuma sedikit barangkali anak yang mempunyai sebegitu tinggi penghargaan kepada ayahnya, sekaligus mencoba menyelami perjuangan dan pengorbanannya untuk keluarga.

    Tulisanmu cukup pendek, tapi padat ungkapan perasaannya. Karena itu, saya dapat menangkapnya seperti yang telah saya tuliskan di atas. Meski kadang banyak terjadi pengulangan kata, penulisan kata mubazir dan pokok pikiran alinea yang bias bedanya dengan alinea lainnya.. Coba hindari dengan cara membaca ulang lagi dan lagi..

    Teruslah berlatih, dan wujudkan kemampuan ekdplorasimu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: