Skip to content

Game dan Pendidikan

by pada 13 Desember 2012
MMORPG

Game karya anak bangsa dengan latar belakang sejarah Nusantara masa lalu, saat kebudayaan dan kerajaan-kerajaan besar di Nusantara turut serta mewarnai perjalanan sejarah dan budaya dunia (123rf.com)

Oleh Reza Arief Darmawan

Bermain video game memang menyenangkan, sangat me-rileks-kan pikiran, dan cocok untuk menghabiskan waktu luang dibandingkan pergi keluar rumah hingga menghabiskan banyak uang. Tak sedikit pula yang tidak menyukai game dengan alasan membuat seseorang menjadi malas, tetapi pemikiran yang matang mampu menghapus persepsi itu.

Hanya dengan duduk bersantai memperhatikan layar permainan di ruangan favoritmu, kamu bisa mengalihkan pikiranmu yang jenuh karena aktifitasmu. Begitulah proses bermain video game, cukup sederhana dan…gratis jika kau memilikinya di rumah. Kau juga bisa melakukan segala hal yang tidak lazim kau lakukan di dunia nyata seperti membunuh, merampok, terbang, melompat di atas gedung, hanya dengan bermain video game.

Asal video game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi kedalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an, banyak permainan komputer yang dikembangkan, secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya secara otomatis juga bertambah. Setelah era ini video game menyimpang keberbagai platform arcade, mainframe, konsol, PC, dan kemudian permainan genggam.

Perusahaan komersial pertama konsol video game adalah Computer Space pada 1971. Namun, perusahaan ini tidak bertahan lama. Hal ini disebabkan banjirnya video game ke pasar yang mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol diseluruh dunia, akibatnya terjadi pergesaran dominasi konsol dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi ini hanya mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak terpengaruh.

Pada generasi selanjutnya, konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Walau Amerika dan Eropa melakukan upaya untuk mendominasi pasar, tetapi pada akhirnya mereka pada gagal.  Tidak sampai generasi keenam, konsol video game yang bukan perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Sampai saat ini hanya perushaan jepang yang mendominasi pasar diseluruh dunia.

Game Indonesia

Banyak sekali game produksi anak bangsa yang beredar di Indonesia, dari game online maupun offline, dari yang bagus hingga amatir.

Game Misteri Raja Pocong merupakan salah satu game yang cukup terkenal menceritakan tentang Pendekar Bamboo Gantengyang menumpas seluruh pocong di pulau Pocong. Game ini ber-genre side scrooler dan petualangan. Game yang kocak ini menunjang tiga bahasa subtitel dan bahasa lisan, terdiri dari bahasa Jawa, Inggris, dan Indonesia. Grafisnya cukup lumayan meskipun banyak kekurangan, terbilang bagus untuk game buatan Indonesia. Alur ceritanya juga menarik, penuh atraksi dan tantangan. Kontrol dari game ini juga tidak rumit, hanya perlu keyboard. Walaupun grafiknya masih jauh dari sempurna, tetapi cukup lumayan untuk menghibur hati yang lelah.

Namun, akan lebih baik jika kualitas gambar pada game-game produksi Indonesia ditingkatkan. Game akan lebih menarik minat konsumen dan keuntungan pun juga akan meningkat pesat. Seperti yang terlihat pada perkembangan playstation, semakin lama grafik yang ditampilkan semakin terlihat nyata. Biaya yang dikeluarkan memang sangat mahal dan memakan waktu yang lama untuk menghasilkan sebuah video game berkualitas. Namun, perusahaan SONY tidak berpikir pendek. Mereka tahu dan telah memperhitungkan, meski kenyataan dalam membuatnya mahal dan sesulit itu mereka akan mendapat keuntungan yang jauh lebih besar dari penjualan video game mereka.

Game sebagai Sarana Pendidikan

Menurut pengamatanku selama bermain video game, jalan cerita yang tersirat akan lebih mudah dipahami. Jalan cerita juga lebih lama melekat di otak, karena tidak seperti menonton televisi atau bioskop yang hanya berlangsung satu jam atau lebih. Game bisa dimainkan berhari-hari, sehingga jalan ceritanya akan melekat erat di pikiran.

Oleh karena itu, game sesungguhnya merupakan sarana yang cukup baik untuk memberikan edukasi, karena game tidak seperti buku yang membosankan. Sama seperti peribahasa, yang menyatakan “sambil menyelam minum air” yang berarti, dengan game sambil bersenang-senang kau belajar.

Nusantara Online ikut meramaikan pasar game online Indonesia yang selama ini didominasi permainan-permainan asing. Nusantara Online merupakan Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG), karya anak bangsa dengan latar belakang sejarah Nusantara masa lalu, saat kebudayaan dan kerajaan-kerajaan besar di Nusantara turut serta mewarnai perjalanan sejarah dan budaya dunia. Selain itu, MMORPG adalah suatu jenis permainan berbasiskan konsep permainan Role-Playing Game (RPG) yang bisa dimainkan dari berbagai tempat dan waktu oleh banyak pemainan.

Permainan tersebut mampu membantu kamu untuk bersenang-senang dan juga menambah pengetahuanmu tentang sejarah Indonesia, baik tokoh maupun latar tempat pada masa itu. Grafik yang lumayan bagus menjadi daya tarik yang lebih besar dari game lainnya.

Semua kegiatan, selama tidak menyimpang, bisa bermanfaat jika memikirkannya dengan matang. Seperti halnya pada game yang terlihat merusak, tetapi bisa dimanfaatkan dalam dunia pendidikan.

From → Feature Budaya

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: