Skip to content

Waspada Herpes!

by pada 14 Desember 2012
nonprofitstdtesting.org

Semua jenis herpes dapat menular melalui kontak langsung (nonprofitstdtesting.org)

Oleh Retno Ayu Fandini

Di zaman sekarang, penyakit yang timbul dalam kehidupan manusia dengan ragam jenisnya sudah semakin banyak. Salah satunya adalah penyakit Herpes. Anda tahu penyakit apa itu? Bagaimana gejala, cara pengobatan dan pencegahannya?

Herpes adalah penyakit yang menyerang kulit,  tampilnya berbentuk gelembung-gelembung yang berisi air. Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menular. Herpes terbagi menjadi dua jenis, yaitu Herpes Genitalis dan Herpes Zoster.

Herpes Genitalis adalah suatu penyakit menular seksual di daerah kelamin, yang menyerang kulit di sekeliling rektum atau daerah sekitarnya. Penyebabnya adalah virus Herpes Simpleks, yang terdiri atas Herpes Simpleks Virus-1 (HSV-1) dan Herpes Simpleks Virus-2 (HSV-2). Yanbg terakhir ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual, sedangkan HSV-1 biasanya menginfeksi mulut.

Herpes Zoster adalah infeksi kulit yang disebabkan virus Varicella-Zoster, yang menimbulkan gelembung cairan hampir pada bagian seluruh tubuh. Herpes ini juga dikatakan penyakit infeksi pada kulit, yang merupakan lanjutan dari chickenpox (cacar air). Hal ini disebabkan virus yang menyerang sama, meski sedikit berbeda dengan cacar air. Herpes zoster memiliki ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada bagian tertentu di badan, biasanya di bagian punggung, dahi atau dada.

Gejala yang timbul pada Herpes Genitalis аdаlаh nyeri pada alat kelamin dan daerah anus, kesemutan, pembakaran kulit pada penis, skrotum, anus, vagina atau labia, sensasi terbakar saat buang air kecil, dan demam.

Sedangkan gejala pada Herpes Zoster awalnya menuimbulkanm sedikit pilek, cepat merasa lelah, demam, lesu, dan lemah. Lalu beberapa hari kemudian, timbul lah bintik kecil kemerahan pada kulit. Bintik-bintik ini berubah menjadi gelembung transparan berisi cairan –persis seperti cacar air– namun hanya bergerombol di sepanjang kulit,  yang dilalui oleh saraf yang terkena.

Gelembung-gelembung yang berisi air terasa gatal, tetapi janganlah Anda mencoba untuk menggaruknya. Jika gelembung tersebut pecah akibat garukan, keropeng yang terbentuk menjadi lebih dalam. Sehingga akan lebih lama mengeringnya, yang juga memudahkan infeksi bakteri. Setelah mengering, keropeng akan meninggalkan bekas permanen pada kulit Anda.

Semua jenis penyakit Herpes, dapat menular melalui kontak langsung. Herpes Genitalis –baik yang disebabkan virus HSV-1 maupun HSV-2– dapat menular melalui kontak kulit, ciuman, hubungan seks dan oral seks. Sedangkan pada Herpes Zoster, penularan dapat terjadi melalui bersin, batuk, pakaian yang tercemar dan sentuhan di gelembung yang pecah.

Beberapa cara pengobatannya, antara lain gunakanlah famciclovir, valacyclovir, dan acyclovir yang efektif menghentikan gejala Herpes. Sedangkan, untuk mengurangi rasa sakit, Anda dapat menggunakan parasetamol, krim anestesi, dan es. Krim anestesi harus digunakan untuk memperlambat efek pengeringan, sebaliknya harus menghindari penggunaan douche, deodoran atau sabun antibakteri.

Untuk mencegah penyakit Herpes ini, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya, menjaga kebersihan alat kelamin pria dan wanita, hindari seks bebas atau bergonta-ganti pasangan, lakukanlah vaksinasi atau imunisasi. Bagi Anda yang belum pernah terkena cacar air, jangan berdekatan dengan orang yang sedang cacar. Yang terakhir selalu menjaga sistem kekebalan tubuh  Anda, sehingga virus yang akan menghampiri Anda akan terpental dengan sendirinya.

Untuk itu, jagalah selalu kesehatan Anda. Waspadalah!

======================================================================================

Referensi:

http://www.djamilah-najmuddin.com/herpes-genitalis

http://dhiez.wordpress.com/2008/05/02/virus-cacar-herpes/

http://majalahkesehatan.com/herpes-zoster-penyakit-kelanjutan-cacar-air/

http://jellygamat.web.id/1160/pengobatan-herpes.html

http://www.penyakitmenularseksual.com/pencegahan-penyakit-herpes.html

2 Komentar
  1. azhmyfm permalink

    Alhamdulillah, satu lagi, tulisan ini berhasil dimuat di Radar Online pada Jum’at 04 Januari 2013 pukul 10.13 WIB (lihat disini: http://www.radar.co.id/berita/pembaca/3037/2013/Waspada-Herpes!).. Ayo, siapa lagi menyusul..

    Janji nilai A untuk Ujian Akhir Semester akan saya penuhi. Retno Ayu cukup datang untuk tandatangan berita ujian saja, tanpa harus mengikuti ujian. Ayo, siapa lagi menyusul?

    Semoga hal ini menjadi penyambung langkah kesuksesan bagi Retno Ayu dan semua mahasiswaku, memasuki dunia jurnalistik dalam arti sebenarnya di media massa.. Aamin ya Rabb..

  2. azhmyfm permalink

    Retno, tulisanmu ini banyak orang yang ingin tahu. Mungkin karena tergolong penyakit kelamin, sehingga setiap orang cenderung mengkhawatirkannya. Padahal tanda-tanda yang tampil sekilas mirip cacar air, sehingga masyarakat awam besar kemungkinan akan bingung mengenalinya..

    Dari teknis penulisan, sudah bagus, meski masih cenderung datar sebagaimana layaknya tulisan ilmiah. Andai saja kamu membuatnya lebih ringan, memiliki atmospher (suasana) yang tergambar, dan sedikit nyastra, mungkin akan lebih banyak lagi yang membacanya..

    Jadi teruslah berlatih dan jangan lupa kirimkan ke media massa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: