Skip to content

Pencuci Mulut Menjadi Penyembuh

by pada 1 Januari 2013
(sehatpedia.com)

(sehatpedia.com)

Oleh Syamsi Risyad

Bentuknya memanjang, berwarna kuning dan manis pula rasanya. Yap, itulah pisang! Siapa yang tak mengenal buah tersebut? Kaya akan vitamin dan sangat digemari berbagai kalangan masyarakat. Tidak hanya sebagai hidangan pencuci mulut, buah pisang juga mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Pisang merupakan salah satu buah yang sering dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut, setelah menyantap hidangan utama. Tekstur daging buahnya yang lembut mengandung serat dan banyak vitamin, mungkin karenanya pisang juga dikenal sebagai asupan bagi atlet. Selain itu, acapkali menjadi alternatif pengganti energi karena kandungan karbonhidratnya cukup tinggi.

Secara umum pisang mengandung tiga jenis gula alami, sukrosa, fruktosa dan glukosa. yang berkombinasi dengan fiber. Lengkapnya kandungan gizi yang terdapat dalam tiap buah pisang matang, sebagai berikut:

Kandungan Jumlah
Kalori 99 kalori.
Protein 1,2 gram.
Lemak 0,2 gram.
Karbohidrat 25,8 mg.
Serat 0,7 gram.
Kalsium 8 mg.
Fosfor 28 mg.
Besi 0,5 mg.
Vitamin A 44 RE.
Vitamin B 0,08 mg.
Vitamin C 3 mg
Air 72 mg

Selain rasa buah yang lezat serta dapat dijadikan alternatif pengganti energi, pisang juga

mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, Terutama bagi seseorang yang menderita beberapa penyakit, seperti:

Stroke
Jenis penyakit yang diakibatkan kehilangan fungsi anggota atau bagian tubuh lain, saat aliran oksigen dalam darah yang menuju otak terganggu. Menurut penelitian Jurnal Medis di New England, memakan buah pisang merupakan bagian diet untuk mengurangi 40% resiko kematian akibat stroke.

Usus dan Perut

Pisang yang dicampur susu cair (boleh juga dengan cara dimasukkan dalam segelas susu cair), dapat menjadi obat untuk penyakit usus. Selain itu, juga dapat direkomendasikan kepada penderita sakit perut untuk menetralkan keasaman lambung. Sebuah pisang dapat pula dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi, karena Vitamin C mam pu diproses secara cepat dakam pencernaan. Ia mentransformasikan bakteri bacillus berbahaya menjadi bersahabat, sehingga keduanya akan tertolong. Pure pisang ataupun krim pisang (dibuat seperti makanan bayi), dapat menyembuhkan pasien yang menderita diare.

Diabetes
Pada masyarakat Gorontalo, Sulawesi Utara, tumbuh sejenis pisang khas setempat yang dinamakan ‘pisang  goroho.’ Ia dinobatkan sebagai makanan pokok bagi mereka yang mengidap penyakit gula (diabetes mellitus), dengan olahan resep yang sederhana. Pisang goroho –terutama yang belum matang—tersebut dikukus, kemudian dicampur parutan kelapa muda, dan siap disajikan untuk para penderita.

Maag

Masih ada khasiat lain,  pisang sanggup  mencegah maag dan luka  akibat gangguan pencernaan.

Karena lembutnya tekstur daging buah pisang, ia merupakan satu-satunya makanan yang sanggup membantu atasi ulkus over-kronis dan menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.

Ternyata di balik kelezatan dan tampilan yang menarik maupun kelembutan tekstur daging buah pisang, ia memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh kita, Bahkan juga menjadi penyembuh, terutama bagi mereka yang menderita beberapa penyakit di atas. Untuk itu, mari kita biasakan menyantap hidangan pencuci mulut yang menjadi penyembuh ini.

Membudayakan hidup sehat dengan mengonsumsi buah, akan menjadikan Anda sehat secara alamiah. Mau?

One Comment
  1. azhmyfm permalink

    Alhamdulillah, satu lagi, tulisan ini berhasil dimuat di Radar Online pada Selasa,01 Januari 2013 pukul 14.34 WIB (lihat disini: http://www.radar.co.id/berita/pembaca/3030/2013/Pencuci-Mulut-Menjadi-Penyembuh).

    Janji nilai A untuk Ujian Akhir Semester akan saya penuhi. Syamsi cukup datang untuk tandatangan berita ujian saja, tanpa harus mengikuti ujian. Ayo, siapa lagi menyusul?

    Semoga hal ini menjadi penyambung langkah kesuksesan bagi Syamsi dan semua mahasiswaku, memasuki dunia jurnalistik dalam arti sebenarnya di media massa.. Aamin ya Rabb..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: