Skip to content

Manfaat Tersembunyi Helm

by pada 3 Januari 2013
(thecrowdvoice.com)

(thecrowdvoice.com)

Oleh Reza Arief Darmawan

Saat mengendarai sepeda motor helm merupakan perlengkapan paling penting. Karena di kepala terdapat otak yang mengendalikan seluruh tubuh, dengan helm lah kau dapat melindunginya. Tahukah kau peran helm lainnya?

Dalam mengendarai motor kamu harus memperhatikan keselamatan diri. Karena keselamatan ialah tujuan utama dalam berkendara. Bagaimana tidak? Bila bepergian tujuanmu memang ke suatu tempat, tetapi apa jadinya jika kau sampai ke suatu tempat itu dalam keadaan terluka karena kecelakaan. Maka, keselamatan disebut sebagai tujuan utama.

Otak merupakan benda lunak besar yang ada di dalam kepalamu. Benda unik yang berfungsi menggerakkan semua  tubuhmu. Oleh karena itulah, kepala harus dilindungi dengan helm.

Helm sepeda motor pertama kali diciptakan oleh Gottlieb Daimler tahun 1885, dalam bentuk yang sederhana dan tidak terlalu bersifat alat keselamatan, karena pada masanya kecepatan motor masih sangat rendah. Tahun 1953 Prof. C.F. Lombard menciptakan dan mematenkan helm untuk sepeda motor yang mementingkan keselamatan.

Fungsi Helm Sesungguhnya

Bila kau hanya menganggap helm hanyalah formalitas agar tidak ditilang polisi kau salah. Jika kau bilang helm untuk melindungi kepala, kau juga keliru. Karena helm tidak seperti yang kau bayangkan. Banyak hal kecil yang aku atau orang lain alami selama berkendara motor tanpa menggunakan helm, hal kecil itu memberiku kesimpulan tentang pentingnya menggunakan helm selain untuk peraturan lalu lintas dan keamanan otak saat terjatuh dari sepeda motor.

Pertama, saat berkendara di bawah deras air hujan tanpa menggunakan helm. Terkadang air hujan terasa tajam dan menusuk kulit. Mengenai kulit saja sakit, apalagi jika air hujan yang tajam itu menusuk matamu? Pasti perih, karena lapisan pada mata sangatlah tipis. Meskipun hujan tidak selalu seperti itu, tetap saja tetesan air yang jatuh ke mata membuatmu tidak nyaman dan memecah konsentrasimu dalam berkendara. Sehingga menimbulkan resiko kecelakaan.

Kedua, masih di saat hujan dan tidak menggunakan helm. Tetesan air yang tak terhitung menimpa kepalamu, hujan pun tidak hanya berlangsung satu menit. Oleh karena itu, kepalamu akan terasa pusing. Air hujan yang kotor juga menyebabkan kepalamu terasa gatal.

Ketiga, saat kau mengendarai motor di siang hari yang panas tanpa menggunakan helm. Memang saat itu tidak akan ada air hujan, tetapi tidak menutup kemungkinan wajahmu juga bisa basah. Bayangkan saja ketika kamu mengendarai motor dan pengendara motor yang melaju di depanmu bersin, ingusnya akan terhempas dari hidung ke depan wajahnya lalu mengikuti arah angin dan melaju ke belakang, yaitu ke wajahmu. Sangatlah menjijikan membayangkan dirimu memakan ingus pengendara itu yang cukup asin.

Keempat, di siang hari. Aku pernah mengalami kejadian yang cukup membahayakan ketika tidak menggunakan helmku. Kau tahu? Batu kerikil kecil berdiameter kurang dari setengah sentimeter terlontar dari jalan raya mengenai pinggiran mataku. Sangat perih dan menimbulkan benjolan kecil yang terasa gatal, seperti bentol sehabis digigit nyamuk. Aku sangat bersyukur bahwa hanya batu kecil yang terhempas ke wajahku, entah bagaimana nasibku jika batu itu berukuran besar apalagi mengenai kelopak mataku. Sungguh mengerikan.

Kelima, serangga. Saat itu aku bepergiaan tanpa helm karena ku pikir jarak yang ku tempuh cukup dekat. Namun, mungkin hari itu hari sialku. Saat ku fokus berkendara, seekor lalat masuk ke mataku, membuat perjalananku terhenti karena rasa sakit akibat lalat itu. Pernah juga waktu itu seekor nyamuk masuk ke dalam mulutku.

Keenam, mungkin ini kejadian yang cukup mustahil. Namun, tidak ada salahnya jika kau waspada. Bayangkan bila kau berkendara tidak mengenakan helm, tiba-tiba kedua remmu rusak. Kau menabrak pohoh durian dan membuat pohon itu bergetar, sehingga buah durian jatuh tepat di atas kepalamu. Bukannya sampai tujuan, tetapi kau malah sampai ke akhirat.

Mungkin masih banyak hal-hal kecil yang cukup mengancam keselamatanmu saat berkendara motor. Semua hal di atas merupakan beberapa pengalamanku dan orang lain. Hal yang sederhana, tetapi dapat mengancam keselamatan. Untuk mencegahnya, pakailah helm dengan baik sesuai prosedur untuk melindungi semua yang ada di kepalamu.

Meskipun perjalananmu hanya lima meter dari rumahmu tetaplah menggunakan helm, karena kau tidak tahu apa yang akan terjadi. Jangan ragu pula untuk menggunakan helm yang berkualitas setiap berkendara. Lebih baik mengeluarkan uang setengah juta untuk helm daripada setengah miliar untuk biaya rumah sakitmu.

One Comment
  1. azhmyfm permalink

    Alhamdulillah, satu lagi, tulisan ini berhasil dimuat di Radar Online pada Selasa,01 Januari 2013 pukul 18.39 WIB (lihat disini: http://www.radar.co.id/berita/pembaca/3034/2013/Manfaat-Tersembunyi-Helm).

    Janji nilai A untuk Ujian Akhir Semester akan saya penuhi. Reza cukup datang untuk tandatangan berita ujian saja, tanpa harus mengikuti ujian. Ayo, siapa lagi menyusul?

    Semoga hal ini menjadi penyambung langkah kesuksesan bagi Reza dan semua mahasiswaku, memasuki dunia jurnalistik dalam arti sebenarnya di media massa.. Aamin ya Rabb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: