Skip to content

Pasar Kranji, Bersih dan Nyaman

by pada 21 Januari 2013
(flickr.com)

(flickr.com)

Oleh Tiya Septiawati

Waktu menunjukkan pukul 7, namun Pasar Kranji sudah memperlihatkan keramainnya. Para pedagang sudah siap dengan dagangan mereka masing-masing. Sementara para pembeli terlihat berbondong-bondong jalan ke gerai yang mereka tuju.

Suara yang bising akibat suara motor tak menyurutkan minat para pembeli untuk pergi ke Pasar Kranji. Dari pukul 5 pagi, pasar ini sudah terlihat ramai. Suasana Pasar Kranji tak pernah sepi. Setiap harinya selalu dipadati oleh para pedagang dan pembeli.

Pasar Kranji merupakan salah satu pasar terbesar di Bekasi Barat. Berbagai kebutuhan pokok tersedia di sini. Dari mulai sandang, pangan, dan papan seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian, dan barang elektronik.

Pasar Kranji buka dari pukul 4 pagi sampai 11 malam. Pasar ini terbagi menjadi dua bagian, di dalam dan di luar pasar. Bagian dalam pasar, barang yang dijual berupa pakaian dan alat-alat rumah tangga. Sementara, di luar pasar tersedia bahan pangan dari yang mentah sampai yang matang.

Suasana di  luar pasar tak kalah ramainya dengan suasana di dalam. Para pedagang berusaha memasarkan dagangannya agar menarik pembeli.  Ada yang berteriak kencang meneriakkan nama barang yang mereka jual, ada pula yang memasang papan yang bertuliskan harga. Tawar menawar yang menunjukkan sikap keakraban antara penjual dan pembeli menjadi pemandangan indah kala berada di pasar ini.

Kondisi Pasar Kranji cukup terawat. Itu dapat terlihat dari bangunannya yang masih berdiri kokoh. Setiap gerai juga terlihat bersih. Terdapat fasilitas mushola, area parkir, dan toilet. Semua fasilitas tersebit terawat dengan baik. Kebersihannya pun terjamin.

Namun, keberadaan Pasar Kranji di pinggir jalan sering menyebabkan kemacetan yang cukup parah. Kemacetan disebabkan oleh pedagang berjualan di badan jalan. Selain pedagang yang menjorok ke jalan juga diperparah oleh angkot yang me-ngetem di depan pasar tersebut. Kemacetan parah terjadi pada pagi dan sore jam berangkat dan pulang kerja. Letaknya yang  berdekatan dengan Gereja Pentakosta  juga menjadi salah satu penyebab kemacetan, terutama di hari Minggu.

Pasar Kranji sangat mudah diakses. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Becak juga tersedia di pasar ini. Jika rumah Anda tidak terlalu jauh dari pasar, Anda  dapat menaiki becak dan turun di depan pasar.

“Kondisi Pasar Kranji cukup baik, tempatnya juga luas, jadi tidak desak-desakkan dengan pembeli lain. Harga barang di sini juga terjangkau. Transportasi ke sini sangat mudah karena banyak angkutan umum yang melewati pasar ini,” ujar Wahyuningsih di tengah kesibukkannya membeli daging di Pasar Kranji.

Sebagian orang beranggapan bahwa pasar tradisional, seperti Pasar Kranji merupakan pasar yang becek, tidak nyaman, banyak pencuri, dan yang lainnya. Namun hingga kini, pasar tradisional tetap memiliki banyak peminat, contohnya Pasar Kranji. Meskipun Pasar Kranji tak senyaman pasar modern, namun tempatnya cukup bersih dan keamanannya terjamin.

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: