Skip to content

Kakek Yang Kuat

by pada 30 Januari 2013
(goes2art.blogspot.com)

(goes2art.blogspot.com)

Oleh Fariz Eka

Kuswadi adalah seorang yang lahir di keluarga sederhana dan hidup sebagai guru. Beliau biasa saya panggil mbah kakung. Beliau mempunyai lima orang anak. Sejak menikah, Dia merasakan yang namanya berjuang untuk hidup, namun tetap semangat dalam menjalaninya.

Mengayuh sepeda, itulah yang biasa dilakukan oleh mbah kakung saat fajar tiba. Mengayuh sepeda untuk menghidupi dirinya, menghidupi istrinya dan menghidupi anak-anaknya.

Dengan sepeda ontel pemberian orangtuanya, Ia mengayuh dari Utan Kayu sampai tempat mengajar, yaitu di Ciracas. Ia berangkat pagi-pagi sekali supaya tidak telat. Jaman dulu, jalanan sangat lah sepi. Terkadang saking sepinya jalanan, beliau sampai tertidur saat mengendarai sepeda.

Beliau kehilangan salah satu anak yang bernama Ade. Ia cukup shock saat kehilangan anak yang rajin, pintar dan periang. Namun, beliau berpikir tidak akan ada habisnya kalau shock terus dan dibawa stress. Masih ada empat anak yang harus ia hidupi dan ia didik.

Untuk menambah pendapatan, beliau dengan istrinya membuka warung. Ia tidak mau kalau setiap hari hanya makan ikan asin dan sayur asam. Hanya saat lebaran lah beliau dan keluarganya hanya memakan daging. Ia berpikir hidup keluarganya harus berubah. Tidak hanya menambah pendapatan saja untuk berubah, ia juga menyekolahkan keempat anak sampai ke jejang yang cukup tinggi. Perubahan pun terjadi!

Sekarang ia hanya menikmati sisa hidupnya dengan cucu-cucunya, walaupun sambil menjaga warung. Keempat anaknya sudah menikah dan mempunyai anak yang sering mengunjungi beliau. Ia tidak mau melihat cucu-cucunya merasakan perjuangan yang berat dalam menjalani hidupnya.

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: