Skip to content

Tumbuhnya Media Komunikasi Massa

by pada 6 April 2013
(inaskoel.blogspot.com)

(inaskoel.blogspot.com)

Oleh Mega Bayoe Putri

Seiring perkembangan zaman dan meningkatnya teknologi, semakin banyak kemudahan kita untuk mendapatkan informasi. Daya saing sebuah media untuk mendapatkan konsumen pun, ikut bersaing.

Kini, sebuah informasi tidak hanya disampaikan melalui media cetak, radio maupun televisi. Dengan kata lain, setiap media informasi massa harus terus mengembangkan diri demi meningkatkan daya saingnya.

Tak hanya berkembang, semakin banyak media yang ikut tumbuh, apalagi dengan adanya dukungan internet. Selain mudah mengakses internet, tetapi juga internet sudah semakin bersifat konsumtif bagi masyarakat. Contohnya saja, media informasi massa yang dikelola oleh dosen dan mahasiswa Teknik Grafika dan Penerbitan di Politeknik Negeri Jakarta serta beberapa pihak dari luar Jurusan.

“Xpressi Jurnal” adalah situs yang dikelola mahasiswa TGP, sebagai sarana latihan menulis karya jurnalistik, terutama feature. Berangkat dari tugas kuliah, yang kemudian karena jumlah dan manfaatnya dapat dibagikan kepada masyarakat umum, diterbitkanlah sebagai media informasi massa online berbentuk blog.

Azhmy F Mahyddin, Dosen yang menjadi pencetus ide pembuatan media ini mengatakan, tujuannya untuk melatih mahasiswa mahir menulis, mendorong mahasiswa berani mengirinkan tulisannya ke media massa, mengasah kemampuan analisis dan berdiskusi terbuka tentang karya jurnalistik, melatih dan membiasakan mahasiswa dalam mengelola media informasi massa, serta berbagi manfaat kepada masyarakat umum.

Sejauh ini promosi yang dilakukan sudah cukup luas, meski masih bersifat personal dan belum maksimal. Namun, sudah terlihat hasil yang cukup signifikan pada rating alexa. Kini berada di peringkat 875 ribu dari 24 juta media online dunia, dan sekitar 16.000 dari 97.000 di Indonesia. Dengan jumlah rating yang cukup baik untuk pemula, Xpressi Jurnal belum bisa disebut sukses.

“Sukses, apabila masyarakat sudah menjadikannya sebagai bagian referensi dan banyak yang merasa kehilangan jika tidak terbit. Juga apabila tulisan kita menjadi acuan banyak orang atau landasan kebijakan atas sesuatu masalah.” jelas Azhmy.

Walaupun begitu, sang pencetus ide berharap agar situs ini menjadi media informasi massa yang diminati banyak orang karena kekhasan dan manfaatnya. Selain itu, semoga bagi mahasiswa pengelola kelak menjadi wartawan handal atau apapun, yang memiliki pola berpikir sebagai jurnalis yang cerdas, cermat dan tangkas mengelola masalah.

From → Feature

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: