Skip to content

Kesederhanaan Wanita Pekerja Keras

by pada 30 April 2013
(wanita-tips.com)

(wanita-tips.com)

Oleh Ayu Larasati

Seperti padi yang makin berisi semakin merunduk. Meski Siang menduduki posisi tinggi di perusahaan tempatnya bekerja, tak membuatnya tinggi hati. 

Suang Siang Susanto adalah seorang wanita yang ambisius, penuh dengan target dalam hidupnya. Seorang wanita super, yang bisa bekerja tanpa kenal rasa lelah. Tetapi ternyata sosok yang dibayangkan tidak sepenuhnya benar, di luar dugaan.

Dengan segala title yang melekat pada dirinya sebagai Deputy Director-Head of Operations di sebuah perusahaan finance, Siang bukan seorang wanita ambisius. Setiap perjalanan hidup yang dijalani, bukan menjadi obsesi yang dikejarnya. Karena dia menjalani hidup layaknya air, mengikuti arus kemana pun mengalir

Diawali informasi dari koleganya, setelah melalui proses recruitment seperti umumnya, ia diterima bergabung di perusahaan tersebut. Sejak pertama, Siang tidak menginginkan posisi apa pun. Tanpa target dan ambisi untuk mendapatkan posisi. Bahkan, ia tidak menanyakan fasilitas yang akan didapat. Hanya kesungguhan dalam bekerja dan selalu berusaha sebaik mungkin menyelesaikan seluruh pekerjaan yang diberikan.

Jabatan Finance Manager yang diembannya saat mulai bekerja, kondisi perusahaan tengah berupaya bangkit setelah sempat terpuruk. Apalagi pada hari pertama bekerja merupakan awal yang cukup berat baginya. Ia belum familiar dengan perusahaan financing dan tak ada atasan yang menjadi tempat bertanya.

Situasi yang membingungkan tersebut, tak membuatnya kehilangan akal. Pada pekan-pekan awal ia bekerja, banyak sekali pertanyaan yang ia lontarkan kepada teman-teman barunya di perusahaan finance. Setelah mendapatkan bayangan, Siang malah melakukan beberapa perbaikan strukturisasi. Ia ingin setiap pekerjaan didukung kerja sama tim yang baik.

Akibat keberhasilannya, Siang mendapat tantangan menjadi bagian dari project plan yang cukup besar. Perusahaan berencana menerbitkan obligasi yang pertama, dengan masa persiapan hanya tiga bulan. Padahal, baru satu bulan ia bergabung secara penuh. Untunglah, selama waktu yang ditentukan ia mendapat teamwork yang baik.

Kesuksesannya membuat ia dipercaya menjadi Kepala Divisi Internal Audit, yang mengemban tugas untuk membangun budaya kerja yang bersih tanpa korupsi dan manipulasi, sekaligus membesarkan Divisi Internal Audit. Tidak terasa perjalanan di Divisi Internal Audit ia lewati selama 7,5 tahun, dengan segala suka dukanya.

Seusainya, ia diberikan kepercayaan untuk memimpin financial operation. Kembali ia memerlukan penyesuaian, karena ia harus menerapkan pengetahuan yang didapatnya dari pengalaman sebagai auditor. Untungnya ia telah diperkaya dengan pengalaman kerja yang beranekaragam semenjak kuliah di tingkat dua, yang tidak pernah memilih pekerjaan yang diberikan. Baik sesuai dengan bidangnya, maupun tidak. Pengalaman ini membuatnya dapat menyesuaikan diri dengan cepat.

Tidak terasa perjalanan karirnya sudah 10 tahun, selama itu pula perusahaannya selalu memberikan tantangan yang positif bagi kemajuan karir maupun kehidupannya. Dedikasi dan loyalitas yang ditunjukkan bukan karena jabatan atau materi yang ingin didapat, namun lebih kepada niatnya untuk melakukan yang terbaik terhadap segala yang dipercayakan kepada dirinya.

Pada akhirnya kita bisa melihat, Siang merupakan seorang wanita yang disiplin, pekerja keras, dan selalu berusaha melakukan yang terbaik atas pekerjaannya. Baginya, jika ingin berhasil hanya memerlukan kerja keras dan melakukan semua yang dipercayakan. Tidak perlu memilih pekerjaan, lakukan yang bisa dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Betapa sederhana. Bagaimana dengan Anda, sepakatkah?

From → Feature

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: