Skip to content

Hari Buruh, Jaminan Kesejahteraan Rakyat

by pada 24 Mei 2013

Oleh Elfiana Fitriah

(radaronline.com)

(radaronline.com)

Hari buruh diperingati dunia sejak 1 Mei 1886. Di Indonesia, peringatan terjadi sejak era kolonial dan menjadi rutinitas di jalanan sejak Reformasi 1998. Tidak hanya di Jakarta, aksi serupa dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia. Meskipun tuntutan beragam, tujuan akhirnya adalah perbaikan upah dan peningkatan jaminan kesejahteraan dari perusahaan.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, menyatakan bahwa pada 2013 upah buruh Indonesia tercatat sebagai yang terendah kedua di Asia. Upah buruh Indonesia rata-rata Rp.830.756 per bulan, hanya lebih baik dari upah buruh Vietnam yang sekitar Rp. 644.953 per bulan.

“Kalah dari Thailand. Apalagi Jepang,” ujarnya.

Menurut Said, rendahnya tingkat upah ini karena 84 item kebutuhan hidup layak belum terpenuhi. Padahal, 84 item kebutuhan hidup layak itu merupakan jumlah ideal untuk hidup layak, dan sudah mencangkup kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

“Karena itu, ratusan ribu buruh yang berdemonstrasi di Hari Buruh Sedunia terus menuntut agar kebutuhan hidup layak dipenuhi” ujarnya.

Selain tuntutan yang beragam dari pendemo buruh, layanan transportasi publik di beberapa bagian Jakarta terganggu akibat demonstrasi besar dalam memperingati Hari Buruh Sedunia. Akibatnya, Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta memutuskan untuk tidak mengoperasikan bus Transjakarta di koridor 1 (jurusan Blok M-Kota) dan koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit).

“Adanya aksi demo buruh membuat dua koridor itu terpaksa ditutup,” kata Kepala BLU Transjakarta, Muhammad Akbar.

Tidak hanya di Jakarta yang mengalami kemacetan akibat demonstrasi besar dalam memperingati Hari Buruh Sedunia, di Kabupaten Gresik pun juga mengalami hal yang serupa. Panjangnya iring-iringan sepeda motor milik buruh yang memenuhi jalan menuju ke Surabaya membuat jalur Gresik-Surabaya macet sekitar 1 kilometer.

Sebelumnya, buruh di perkotaan Gresik menyisir beberapa perusahaan di kawasan industri. Koordinator aksi, Subari, menyebutkan buruh yang turun ke jalan dari Gresik sekitar 10.000 orang.

“Kami mengajukan tuntutan penegakan hukum ketenagakerjaan dan kejelasan status. Kami juga menolak upah murah dan status buruh kontrak,” katanya.

Sementara itu, untuk menyiasati terjadinya kemacetan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Hari Buruh Internasional yang jatuh setiap 1 Mei sebagai hari libur nasional mulai 2014. Di antara sepuluh negara ASEAN, Indonesia dan Brunei Darussalam yang belum menetapkan May Day sebagai hari libur. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap penetapan May Day sebagai hari libur nasional dapat digunakan sebagai sarana penyegaran buruh dan keluarganya.

“Setelah mempertimbangkan berbagai masukan, saya memutuskan 1 Mei sebagai libur nasional. Insya Allah akan berlaku efektif mulai 2014 mendatang,” ucap SBY dalam pidatonya.

Dengan tambahan hari libur pada 1 Mei, selama 2014 akan ada tambahan cuti bersama menjadi 6 hari selain hari libur nasional. Presiden berharap hari libur tersebut dapat mendongkrak produktifitas kerja.

From → Feature

One Comment
  1. azhmyfm permalink

    Selamat ya Elfiana Fitriah (Pb F), dengan dimuatnya tulisan ini di Radar Online (http://www.radaronline.co.id/berita/read/25071/2013/Hari-Buruh-Jaminan-Kesejahteraan-Rakyat), kamu dapat nilai A untuk UAS Penyuntingan Berita..

    Semoga keberhasilan ini memacu semangatmu untuk terus menulis dan mengirimkannya ke media massa.. Juga bagi teman-teman yang lain, terutama kelas Pb 6F dan Pb 6B..

    Ayo, tunjukkan presatasi kalian!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: