Skip to content

Anak Rimba Lulus Ujian Nasional

by pada 1 Juni 2013
(lensaindonesia.com)

(lensaindonesia.com)

Oleh Dyandini Nurikasari

Besudut, anak rimba pertama yang berhasil menamatkan pendidikan formal hingga tingkat menengah atas. Di hutan Taman Nasional Buki Duabelas, Jambi lah ia tinggal. Di balik segala keterbatasan yang dimilikinya, ia bekerja keras agar tetap dapat mengenyam pendidikan.

Ia tercatat sebagai siswa di SMAN 14 Tebo, Jambi. Menurut kepala sekolah tempat Besudut mencari ilmu, Suparjo, ia termasuk anak yang rajin dan tekun dalam belajar. Sampai-sampai Besudut kerap datang lebih awal dari teman-teman sekelasnya.

Suparjo mengatakan, “Alhamdulillah seluruh siswa di sekolah kali diyatakan lulus 100 persen, termasuk Besudut dengan memperoleh hasil yang cukup baik”. Besudut dinyatakan lulus Ujian Nasional (UN) dengan nilai 32,2 dan nilai tertinggi mata pelajaran matematika dengan nilai 6,25. Ia tak cepat berpuas hati dengan apa yang sudah dicapainya.

Menurut remaja yang dikenal dengan nama Irman Jalil ini, ia ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. “Saya akan terus berusaha untuk belajar agar bisa melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Saya ingin membuktikan mampu untuk sekolah tinggi sama dengan kelompok masyarakat lainnya,” imbuh Besudut.  Semangatnya begitu besar untuk mencari ilmu.

Menurut Manajer Komunikasi Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Rudi Syaf, keberhasilan Besudut menamatkan pendidikannya sampai tingkat menengah atas ini luar biasa karena ia merupakan orang rimba pertama yang dapat mencapai prestasi setinggi ini. Bisa dibayangkan orang yang tinggal di hutan belantara dapat bersekolah hingga lulus SMA.

Untuk mewujudkan cita-cita Besudut tidak mudah. Diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kondisi ekonomi yang kurang memungkinkan membuatnya butuh dukungan finansial dari berbagai pihak.

Saat ini terdapat 12 orang rimba Jambi yang mengenyam pendidikan tingkat menengah pertama, 53 orang di tingkat sekolah dasar, dan 1 orang di tingkat menengah atas, Besudut lah orangnya. Kisah Besudut diharapkan menjadi inspirasi dan pecut bagi pelajar Indonesia.

Catatan Redaksi: Tulisan ini dimuat di Lensa Indonesia.com (http://www.lensaindonesia.com/2013/05/30/besudut-anak-rimba-pertama-lulus-ujian-nasional-sma.html) pada Kamis 30 Mei 2013 pukul 16.48

From → Feature

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: