Skip to content

PT KAI Kurang Sosialisasi

by pada 29 Juni 2013
(www.aktual.co)

(www.aktual.co)

Oleh Egawati

Rencana diberlakukannya e-ticketing ini baik, patut diberikan apresiasi. Karena dengan adanya e-ticketing bisa lebih efesien sekaligus  menjadi tahap memajukan:mordenisasi.

Hal ini akan berjalan baik, asalkan semua berjalan seimbang antara keputusan dengan penerapannya. Seperti yang telah dijelaskan oleh M. Kuncoro Wibowo, Direktur Personalia Umum dan IT, PT Kereta Api Indonesia bahwa keunggulan menggunakan e-ticketing adalah melalui sistem e-ticketing ini PT KAI dapat menerapkan Parsial Press. Menerapkan harga tiket sesuai stasiun tujuan.

Lima stasiun pertama besarnya tiket hanya Rp 3000 dan untuk stasiun berikutnya Rp 1000 per stasiun. Tarif ini berbeda dengan penetapan tarif commuter saat ini yang dikenakan secara rata jauh dekat sama.

Melalui sistem tiket ini juga dimungkinkan kartu elektronik tersebut dibayarkan oleh perusahaan. Misalnya, untuk urusan transportasi karyawannya, perusahaan tersebut mendapatkan tunjangan. Itu bisa dibayarkan kepada kami, sementara karyawan tak perlu lagi antre tinggal menunjukan tiket elektronik yang berbentuk plastik di pintu masuk stasiun. Mereka tinggal tapping saja di pintu masuk. Melalui sistem ini kami juga bisa memonitor behavior customer.

M.Kuncoro Wibowo juga menjelaskan tata cara penggunaan e-ticketing. Misalkan anda naik dari stasiun Sudimara, nanti operator penjaga loket, tinggal pencet tombol stasiun yang menjadi tujuan, misalkan Tanah Abang tinggal pencet saja. Tidak perlu mengetik stasiun tujuan, jadi cepat. Sistem ini mamang ingin mempercepat layanan kepada pelanggan. Sehinga pelanggan tidak perlu berlama-lama di stasiun.

Nanti dari alat yang namanya card dispenser akan keluar karcis yang terbuat dari plastik yang siap digunakan. Card dispenser ini merupakan alat untuk memperkenalkan sistem ticketing bagi penumpang. Nantinya kami akan kembangkan alat yang disebut finding machine, yang dapat mengeluarkan kercis plastik.

Alat tersebut akan ditempatkan di stasiun-stasiun, jumlahnya sekitar 250 mesin. Fungsi finding machine itu mirip mesin pejual minuman ringan, begitu dimasukan koin atau uang akan keluar botol minumannya. Seperti itulah fungsinya, masukin uang lalu keluar kartu.

Proses selanjutnya bila penumpang sudah sampai di stasiun tujua kartu tersebut dimasukkan ke mesin yang ada di pintu stasiun. Kartu pun ditelan oleh mesin, gerbang pintu akan terbuka. Bila penumpang ke luar bukan di stasiun yang dituju, kartu tidak akan bisa ditelan, pintu pun tak terbuka. Bila penumpang ingin ke luar mereka kena denda. Harus bayar denda baru bisa keluar dari stasiun.

E-ticketing itu sendiri sudah mulai disosialisasikan pada 1 Juni 2013. Kenyataannya di beberapa stasiun terlihat antrean panjang untuk mendapatkan pelayanan e-ticketing tersebut. Hal ini disebabkan karena banyak penumpang yang belum mengetahui cara menggunakannya.

Direktur KCJ Tri Handoyo mengatakan, “Karena pertama kali diberlakukan, banyak masyarakat yang bingung dan tidak mengerti bagaimana cara menggunakan alat ini”.

“Petugas kami akan memandu dan memberi tahu cara penggunaan e-ticket dan e-gate bagi pengguna supaya mereka terbiasa menggunakan ini dan ke depannya tanpa harus dipandu lagi,” tambahnya.

Sosialisasi ini hanya berlaku di jam tertentu yaitu pukul 09.00-16.00, sisanya menggunakan tiket kertas seperti biasa. Rencana diberlakukannya e-ticketing pada Juli mendatang. Diharapkan PT.KAI cepat menyelesaikan persoalan yang ada seperti penambahan mesin dan pensosialisasian kepada penumpang dan petugas. Sehingga e-ticketing seperti yang direncanakan bukan hanya sekedar janji.

Catatan Redaksi: Tulisan ini dimuat di Berita21.com (http://lipsus.berita21.com/2013/berita-anda/pt-kai-kurang-sosialisasi.html) pada Selasa, 04 Juni 2013 pukul 02.11.

From → Feature

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: