Skip to content

Kenalkan Pariwisata Lewat Tour de Singkarak 2013

by pada 18 Juli 2013

Oleh Fadillah Haninda

(sepedaseru.com)

(sepedaseru.com)

Melalui Ajang Tour de Singkarak (TdS) 2013 potensi wisata Sumatera Barat dapat dikenal di kancah internasional karena ajang ini merupakan perpaduan antara olahraga dengan pariwisata yang diikuti oleh atlet sepeda nasional maupun internasional pada 2-9 Juni.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan bahwa yang akan terangkat melalui TdS ini adalah semua yang terkait dengan provinsi itu.

 “Apakah keindahan alamnya, kekayaan budayanya, kearifan lokalnya dan jangan lupa pariwisata dan ekonomi kreatif. Jadi industri kreatifnya semua terangkat. Mulai dari fashion, seni pertunjukan, dan perhiasan emas,” papar Mari.

Hal senada juga diungkapkan President Amaury Sport International (ASO), Jean-Etienne Amaury. ASO merupakan penyelenggara dari Tour de France.

Amaury mengatakan kegiatan ini telah tercatat sebagai kegiatan balap sepeda internasional. Selain itu, TdS juga diharapkan menjadi ajang yang mampu mengangkat potensi keindahan alam dan budaya Sumatera Barat.

Selain itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim mengatakan, TdS menimbulkan multiplier effect, mulai dari penambahan infrastruktur seperti pembangunan hotel dan perbaikan jalan hingga penurunan angka kemiskinan masyarakat.

Menurut Mari, dampak lain dari TdS ini ialah masyarakat Sumatera Barat menjadi bangga mengenai daerahnya bukan hanya daerahnya sendiri, tetapi juga Sumatera Barat sebagai provinsi. Jadi ini juga meningkatkan kebanggaan masyarakat Sumatera Barat mengenai provinsinya.

Ajang balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2013 resmi dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, Sabtu (1/6) malam di Bukittinggi, Sumatera Barat dengan penabuhan Gendang Tasa, alat musik tradisional Sumatera Barat.

Kegiatan ini diikuti oleh atlet sepeda nasional dan internasional dengan melombakan 7 etape yang berjarak 1.173 km, menyusuri keindahan alam dan budaya Sumatera Barat.

Pembalap asal Australia Jacob Kauffmann menjadi yang tercepat pada etape kedua TdS 2013 dari Payakumbuh menuju Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Senin (3/6/2013), dengan jarak tempuh 124,5 km.

Pembalap yang memperkuat tim Budget Forklifs itu membukukan catatan waktu 03.01.05, sedangkan posisi dua diraih rekan satu timnya, yaitu Karl Evans dengan catatan waktu yang sama.

Catatan Redaksi: Tulisan ini dimuat di Berita21.com (http://lipsus.berita21.com/2013/opini-anda/kenalkan-pariwisata-lewat-tour-de-singkarak-2013.html)

From → Feature

One Comment
  1. kunjungi kami bagi anda yang ingin melakukan wisata sambil melihat perlombaan Tour De Singkarak
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: