Skip to content

Si Pahit Untuk Hilangkan Jerawat

by pada 22 Agustus 2013
(batam.tribunnews.com)

(batam.tribunnews.com)

Oleh Hari Prihastama

Rasa pare yang pahit itu disebabkan oleh kandungan cucurbitacins. Banyak orang termasuk anak-anak tidak menyukai rasa pahitnya. Namun di balik kepahitan itu, terdapat manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Namun ketika anak-anak menginjak usia remaja, banyak yang akan mengalami kulit berjerawat, sebagai salah satu gejala yang sering muncul di masa pubertas.

Kulit berjerawat bisa disebabkan karena kelenjar minyak yang terlalu aktif pada kulit, akumulasi minyak, sel-sel kulit mati dan bakteri yang menyebabkan peradangan di pori-pori. Kulit berjerawat bisa menyerang usia berapa pun, tetapi yang paling sering pada usia remaja.

Saat inilah mereka mulai belajar menikmati dan memetik manfaat dari si pahit ini, sebagai cara mencegah dan menghilangkan jerawat alami dengan menggunakan buah yang kaya manfaat ini.

Berbagai Khasiat

Buah pare adalah buah yang kaya serat. Rasa pahitnya disebabkan oleh kandungan cucurbitacins. Buah ini juga mengandung vitamin A, B, C, asam amino, kalsium, fosfor dan beta-karoten.Sebagai zat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata, beta-karoten juga dapat memperkuat jaringan kulit dan mencegah munculnya jerawat.

Di samping itu, biji pare yang sudah tua merupakan atioksidan yang cukup kuat yang dapat menghambat pembentukan sel kanker dan mencegah penuaan dini serta pembasmi cacing usus.

Buah ini juga dapat meredakan panas dalam, menurunkan kadar gula darah, mengatasi sembelit, serta penangkal HIV-AIDS. Daunnya pun berkhasiat untuk menyembuhkan cacingan, demam, obat bisul, dan menyuburkan rambut. Akarnya juga berkhasiat untuk menyembuhkan disentri dan  wasir.

Dalam fungsinya untuk kecantikan, kandungan vitamin C dalam buah ini juga berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit, selain dapat membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Masker Pare

Pencegahan kulit berjerawat diawali dengan rajin membersihkan wajah, memperbanyak makan buah dan sayur, memperbanyak minum air putih, olahraga secara teratur. Yang perlu diingat, jangan memegang dan memencet jerawat yang akan menyebabkan masalah jerawat semakin parah.

Cara menggunakan buah pare dalam mencegah dan menghilangkan jerawat, lebih efektif bila sekaligus meminum jus dan memakai masker dari pare. Jangan lupa membersihkan wajah terlebih dahulu, sebelum menggunakan masker.

Langkah pembuatan jus dan masker pare:

  1. Ambil buah pare
  2. Cuci hingga bersih
  3. Pisahkan dengan bijinya
  4. Potong buah pare dalam ukuran kira-kira 3 cm
  5. Tumbuk hingga keluar air atau sarinya
  6. Minumlah air atau sari pare tersebut
  7. Gunakan ampas pare sebagai masker.

Sebenarnya tidak mahal untuk memiliki kulit cantik. Dengan meluangkan waktu sebentar untuk membuat masker dan membalurkannya pada wajah, akan diperoleh kulit mulus yang bebas jerawat.

Dengan masker alami bebas bahan pengawet ini, tidak perlu khawatir adanya kandungan zat-zat kimia yang akan menyebabkan dampak negatif bagi kulit. Untuk mencapai hasil yang maksimal, tentunya harus dilakukan secara rutin, misalnya satu kali seminggu.

Jadi, mulai saat ini janganlah mancap buruk pare karena rasa pahitnya. Di balik rasa pahitnya itu, ternyata memiliki segudang khasiat untuk tubuh kita. Terutama untuk kecantikan. Ingatlah, tidak ada istilah wanita jelek, yang ada hanya wanita malas. Pilih mana?

From → Feature

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: