Skip to content

Cara Mencegah Penyakit Flu

by pada 21 Januari 2014
(faridbj.blogspot.com)

(faridbj.blogspot.com)

Oleh Pranata Sanjaya

Musim hujan identik dengan serangan influenza, atau yang sering disebut dengan penyakit flu. Sebenarnya penyakit yang terkesan ringan ini, tidak mengenal musim.

Dr. Roshini Raj dari New York University Medical Center mengatakan, banyak orang tidak menyadari kalau kebiasaan-kebiasaan tertentu mereka dapat meningkatkan resiko terserang penyakit flu. Seperti merokok, jarang mencuci tangan, hingga olahraga berlebihan.

Karena itulah, para ahli menyarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, agar tubuh dapat menangkal berbagai serangan virus, termasuk virus flu. Dr. Roshini Raj memberi saran yang bisa membantu Anda untuk mencegah serangan penyakit flu, sebagai berikut:

Yang pertama, sering mencuci tangan dengan sabun dan air bersih dapat mengusir kuman yang menempel. Para ahli kesehatan menyarankan untuk menggosok kedua tangan secara bersama-sama dengan penuh semangat selama setidaknya 20 detik, kemudian mematikan keran dengan handuk.

Sempatkan diri untuk selalu membersihkan permukaan benda-benda di sekitar Anda. Terutama ketika sedang bekerja, seperti keyboard, mouse komputer, telepon, gagang pintu, dan benda-benda lain yang sering disentuh.

Kedua, hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata secara langsung. Terlebih jika tangan dianggap tidak steril dari kuman, dan belum sempat mencucinya. Flu atau pilek dapat menyebar dari anggota-anggota tubuh tersebut.

Apabila batuk atau bersin, usahakan menggunakan tisu. Jangan langsung menutupinya dengan tangan. Apabila tidak memungkinkan, gunakan bagian dalam siku tangan.

Ketiga, membiasakan pola hidup sehat. Pastikan untuk mendapat tidur yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, minum air yang cukup, dan berolahraga secara teratur, untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Tetap terhidrasi dengan minum 8 gelas air sehari, dapat membantu keluarkan racun dari dalam tubuh. Sedangkan berolahraga secara rutin –seperti, jalan cepat atau bersepeda– dapat membantu tingkatkan kemampuan melawan virus di dalam tubuh.

Namun jangan berlebihan melakukannya, karena dapat mengakibatkan turunnya sistem kekebalan tubuh. Olahraga 5 kali dalam seminggu selama 15-30 setiap sesinya, sudah cukup membuat tubuh tetap bugar.

Keempat, jangan merokok dan hindari asapnya. Kandungan racunnya dapat melumpuhkan silia –bulu-bulu halus pelapis selaput lendir di hidung dan paru-paru– yang bertugas menyapu virus dan penjajah lainnya.

Silia juga mengeluarkan lendir dari paru-paru, yang bekerja mencegah infeksi. Para ahli kesehatan percaya jika fungsi silia terganggu, maka seseorang akan berada pada risiko yang tinggi untuk terkena infeksi paru-paru.

Kelima, makan yogurt. Bakteri di dalamnya bermanfaat mencegah pilek, demikian menurut National Institutes of Health. Para peneliti percaya, bakteri tersebut mampu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Penelitian telah menunjukkan, mereka yang makan yogurt setiap hari diketahui 25 persen lebih sedikit yang terkena pilek.

Jadi, tunggu apa lagi? Cobalah diterapkan, mumpung musim hujan belum berakhir..

One Comment
  1. Makasih info nya ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: