Skip to content

Membakar Lemak Dengan Si Asam

by pada 25 Mei 2014
(maesayyu.blogspot.com)

(maesayyu.blogspot.com)

Oleh Astrini Sabarwati

Proses penurunanan berat badan, terkadang membuat orang frustrasi. Kebanyakan dari mereka tidak tahan, dengan banyaknya aturan yang harus dipatuhi dan dikerjakan.

Akibatnya hanya sedikit orang yang mampu mendapat hasil sesuai harapan. Namun, saat ini ada solusi lain yang dapat Anda coba untuk melangsingkan tubuh: dengan memanfaatkan si asam.

Si asam adalah jeruk nipis. Berbentuk bulat kecil yang memiliki warna hijau atau kuning ini, kaya akan vitamin C dan antioksidan. Bedasarkan penelitian, kandungan vitamin C pada jeruk nipis, melebihi kandungan vitamin C dari jenis jeruk lainnya.

Menurut U.S. Department of Agriculture, satu buah jeruk nipis memberikan 30,7 mg vitamin C, sedangkan jumlah harian yang disarankan adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk pria. Orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki sistem pencernaan yang lebih efisien, ketimbang orang yang tidak atau sedikit konsumsi vitamin C.

Jeruk nipis juga meningkatkan keasaman sistem pencernaan, yang lebih menyerap kalsium. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung zat besi, fosfor, sulfur, kalsium, mineral, karbohidrat, asam sitrun, glikosida, minyak astiri, asam amino (lisin, triptofan), dan asam sitrat.

Siapa sangka si asam ini juga memiliki manfaat untuk membakar lemak? Penyerapan kalsium dapat membantu turunkan berat badan, karena disimpan di dalam lemak. Makin banyak kalsium yang disimpan, semakin mudah untuk merangsang pembakaran lemak tersebut.

Kandungan zat Polisakarida non-pati, berguna pula sebagai serat makanan yang membantu proses pengosongan lambung. Dengan demikian, jeruk nipis dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan sulfur atau belerang pada jeruk nipis, membuat si asam ini mampu membunuh bakteri. Sifat astringent yang terkandung, dapat mengecilkan pori-pori (fili-fili) di dalam usus. Begitu juga anti inflamasinya sangat kuat.

Misalnya seseorang yang makan karbohidrat, tidak hanya dicerna di mulut. Karbohidrat masuk ke lambung, lalu ke usus. Terus dicerna hingga usus 12 jari –yang memecahnya menjadi dua ikatan– baru kemudian masuk usus halus. Di sini lah astringent dari jeruk nipis akan membuat pori-pori mengkerut (mengecil), sehingga penyerapan makanan menjadi lebih sedikit serta mempersingkat perjalanannya untuk menjadi fases.

Sementara kandungan saponin dapat membersihkan organ tubuh –yang bekerja seperti lipase (empedu)– sebagaimana cara jeruk nipis menghancurkan lemak saat mencuci piring.

Jeruk nipis pun memiliki efek detoksifikasi (melarutkan zat-zat racun) –yang memang harus dikeluarkan– melalui saluran pencernaan atau ginjal, sehingga buang air besarnya lancar. Selain berfungsi sebagai zat pelarut, juga menyeimbangkan tekanan darah serta mengatur suhu.

Cara konsumsi untuk melangsingkan tubuh:

Ambil 1 sampai 3 buah jeruk nipis (tergantung kebutuhan, kekuatan tubuh dan sesuai selera Anda), kemudian dibelah dua dan diperas. Tambahkan segelas air putih (ukuran gelas belimbing 200 cc), hangat atau dingin tergantung selera. Namun air dingin lebih dianjurkan, karena lebih awet.

Setelah diperas dan dicampur air putih, sebaiknya langsung diminum. Pasalnya kandungan vitamin C pada jeruk yang menyegarkan, mudah teroksidasi (menguap). Jika sudah menguap, tentu saja kandungan vitamin C nya akan berkurang.

Bagi yang belum terbiasa, tahap awal sebaiknya hanya mengonsumsi 1 (satu) buah jeruk nipis dicampur air. Atau campurkan sesendok madu atau gula, agar perut dapat beradaptasi lebih dahulu. Jika Anda sudah merasa kuat, bisa diminum tanpa madu dan gula.

Untuk pemula, dapat diminum setiap pagi. Jika sanggup dan terbiasa bisa 2 (dua) kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Lebih baik lagi bila diminum 1 (satu) jam sebelum tidur, dan ditambahkan teh hijau.

Sebaiknya diberi jeda 1 (satu) hari dalam tiap pekan, agar tubuh dapat merangsang sendiri peningkatan antibodi sebagai imun tubuh. Disarankan pula memperbanyak minum air putih, agar lemak lebih cepat luruh.

Untuk kebutuhan serat bagi tubuh, Anda dapat mengkonsumsi 1 (satu) buah jeruk perhari. Sebuah rahasia yang perlu diingat, makin asam sebuah jeruk menunjukkan kandungan vitamin C juga semakin banyak.

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: