Skip to content

Yuk, Berdayakan Budaya Puasa!

by pada 27 Mei 2014
(pandawalimamedan.blogspot.com)

(pandawalimamedan.blogspot.com)

Oleh Rifka Annisa Islamy

Sudah bukan hal asing, jika beberapa dari sekian milyar juta manusia menjalani puasa sunnah. Tak hanya lantaran Ramadhan para muslim berpuasa, di luar itu pun tetap dapat melaksanakannya. Hal ini dikarenakan, puasa memiliki fungsi yang amat baik bagi jasmani dan rohani kita.

Bukan hal buruk, jika menjalani puasa di luar bulan Ramadhan. Justru dengan begitu, kita akan merasakan nikmat dari kebiasaan berpuasa.

Bagaimana tidak, dengan berpuasa kita dapat membantu kurangi kerja organ tubuh, mengubah kebiasaan hidup konsumtif, membiasakan jiwa agar dapat menguasai diri, dan –yang terpenting– merasakan penderitaan fakir miskin. Selain itu, hitung-hitung menabung pahala, kan?

Puasa sunnah –tak menjadi kesalahan bagi siapapun yang ingin menjalankannya– bahkan menjadi budaya bagi sebagian masyarakat. Selama fisiknya kuat, tentu saja hal itu diperkenankan. Puasa dapat dijadikan sebagai tameng pengontrolan diri di tengah hiruk-pikuk kehidupan dan problema manusia, sehingga diperlukan pengendalian emosi diri agar tidak terjadi sesuatu yang tidak semestinya.

Menjalani puasa sunnah, sebenarnya dianjurkan oleh Rasulullah saw, Bahkan telah menjadi keseharian beliau yang tak pernah ditinggalkan, terutama puasa sunnah Senin Kamis dengan keutamaan yang akan kita jumpai.

Selain hari Senin adalah hari kelahiran Rasulullah, beliau juga bersabda, “Seluruh amal dibentangkan pada hari Senin dan Kamis, ketika itulah Allah mengampuni setiap muslim dan mukmin, kecuali dua orang yang sedang bermusuhan.” Juga dikatakan dalam HR. Bukhari Muslim, “Sesungguhnya ada surga yang namanya Ar-Rayyan, yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa.”

Anjuran Rasulullah untuk menjalani puasa sunnah Senin Kamis bukan semata-mata demi mendapatkan keutamaannya, melainkan untuk mendapat hikmah dalam kehidupan di dunia. Jika melaksanakannya dengan rutin, puasa sunnah akan membantu mengurangi kerja organ tubuh kita. Bagaimana bisa?

Tentu saja bisa, lantaran organ tubuh –yang tak kenal lelah beraktivitas setiap hari, mengolah makanan yang kita konsumsi– dapat beristirahat sementara melalui puasa sunnah yang tengah dijalani. Dengan memberdayakan budaya puasa sunnah Senin Kamis, kita dapat memberikan kesempatan bagi organ tubuh memperbaiki struktur yang rusak sekaligus persiapan kembali beraktivitas.

Kebiasaan hidup konsumtif juga menjadi problema, ketika seseorang akan memulai budaya puasa sunnah. Banyak sekali orang yang begitu nyaman hidup secara konsumtif, padahal pola makan yang serba instan dan berlebihan tidak baik bagi tubuh kita. Salah satu penyebabnya bisa mengalami obesitas, lagi pula Allah tidak suka dengan orang yang berlebih-lebihan. Bahkan Rasulullah bersabda, “Berhentilah makan sebelum kenyang.”

Budaya puasa sunnah juga bantu mengontrol jiwa, agar dapat mengendalikan diri dari hawa nafsu dan emosi sesaat. Tentu kita tahu, ketentuan puasa harus bersabar menanti waktu berbuka puasa, bergosip, marah, dan sebagainya. Dengan demikian, kita dapat melatih kesabaran kita dan membiasakan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Yang utama dalam menjalankan puasa, adalah turut merasakan penderitaan fakir miskin. Acapkali melupakan kehidupan mereka, begitu sulit mendapatkan sesuap nasi yang tak pernah kita alami. Dengan tidak makan dan minum selama hampir sehari, cukup bagi kita turut merasakan penderitaan mereka. Sulit? Memang. Karenanya, kita wajib bersyukur atas semua yang Allah karuniakan kepada kita,

Puasa sunnah Senin Kamis akan menjadi kebiasaan, jika kita menjalaninya secara rutin. Selain memiliki keutamaan dan hikmah yang begitu luar biasa bagi diri kita, juga sebagai ajang untuk lebih mendekatkan diri lagi kepada Sang Mahakuasa. Ditambah lagi, selama kita berpuasa, pasti Allah melimpahkan pahala.

Insha Allah, apapun doa yang dipanjatkan saat berpuasa akan lebih cepat dikabulkan karena kita selalu ingat denganNya. Allah akan mendahulukan kita, jika kita selalu mendahulukanNya. Lantas, apakah hati Anda tergugah melakukan budaya puasa sunah Senin Kamis ini secara rutin?

From → Feature Budaya

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: