Skip to content

Masjid Cantik di Tengah Ramainya Pasar Tanah Abang

by pada 18 November 2014
Interior Masjid Blok A Tanah Abang. (s195.photobucket.com/user/rilham2new)

Interior Masjid Blok A Tanah Abang. (s195.photobucket.com/user/rilham2new)

Oleh Gibran Maulana Ibrahim

Pasar Tanah Abang adalah pasar tekstil terbesar di Jakarta. Bahkan juga di Asia Tenggara, yang terkenal ramai dan bising akibat kegiatan jual beli di sana. 

Setiap harinya, pengunjung yang datang ke tempat ini selalu ramai. Namun dengan segala keramaian dan banyaknya aktivitas jual beli di sini, tahukah Anda kalau pasar ini memiliki sebuah masjid indah nan memukau? Masjid yang membuat pengunjung kagum akan keindahannya.

Ya, di tengah hiruk-pikuk penjual dan pembelinya yang terkenal, Tanah Abang ternyata mempunyai sebuah masjid indah yang melahirkan decak kagum siapapun. Masjid yang terletak di lantai paling atas (14) Blok A ini, bisa dicapai pengunjung melalui eskalator maupun lift. Sayangnya masjid ini tidak mempunyai nama resmi, namun kebanyakan orang menyebutnya sebagai ‘Masjid Blok A Tanah Abang.’

Masjid yang bisa disebut terbesar dan terindah di kawasan pasar ini, memiliki arsitektur Timur Tengah yang mengagumkan. Ruangannya juga sangat indah, dengan tempat wudhu dan toilet yang terjaga kebersihannya. Bisa dikatakan lokasinya paling layak, dibanding masjid-masjid lain di kawasan pembelanjaan di Indonesia.

Sebab kebanyakan masjid yang berada dalam lingkungan pembelanjaan, ditempatkan ‘menumpang’ dengan fasilitas seadanya. Misalnya, di area parkir yang sulit dijangkau. Hal ini tentu cukup menyusahkan kaum muslim yang akan melaksanakan ibadahnya. Berbeda sekali dengan masjid Blok A Tanah Abang ini, yang memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjungnya dalam beribadah.

Dengan adanya masjid ini pengunjung tetap bisa melakukan aktivitas berbelanja, tanpa meninggalkan ibadah shalatnya. Ketika waktu shalat tiba, kaum muslim yang berada di pasar ini tak perlu repot pergi jauh untuk melaksanakan ibadahnya. Cukup pergi ke lantai atas dan laksanakan shalat. Nyaman dan khusyu’.

Catatan: Tulisan ini sudah dimuat pada 06 November 2014 di Dakwatuna.com (http://www.dakwatuna.com/2014/11/06/59589/masjid-cantik-di-tengah-ramainya-pasar-tanah-abang/#ixzz3JKacYai0)

 

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: